RIMAWISATA.COM – 5 Lokasi Museum Tempat Wisata Edukasi di Bandung Museum di Bandung ternyata bisa menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan. Menghabiskan waktu liburan tidak harus berlibur ke daerah pantai ataupun pegunungan. Berkunjung ke museum bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang berbeda bersama orang – orang terdekat.

Bandung merupakan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi pada saat akhir pekan. Untuk para wisatawan yang berasal dari luar Bandung seperti dari Jabotabek akan rela menghabiskan waktu di jalan berjam – jam demi mencapai kota Bandung. Sesekali cobalah berkunjung ke museum di Bandung yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya.

Lokasi Museum Tempat Wisata Edukasi di Bandung

Museum Sri Baduga

Museum yang terletak di jalan BKR Nomor 185 Bandung ini memiliki macam – macam koleksi Geologika, Etnografika, Biologika, Arkeologika, Filologika, Numismatika / Heraldika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi. Koleksi yang ada di museum ini tidak terbatas dalam bentuk asli saja, namun juga dilengkapi dengan kolekso foto, replika, miniatur, dan maket. Museum ini buka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 08.00 – 15.00. Sementara untuk hari Sabtu Minggu 08.00 – 14.00 dan akan tutup pada hari libur nasional.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung ini benar – benar memiliki nilai sejarah. Museum yang dirawat oleh pemerintah ini sempat menapat bantuan dari Jepang untuk direnovasi. Pada awalnya museum ini merupakan laboratorium dan tempat penyelidikan geologi dan pertambangan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sekarang museum ini telah menjadi objek pariwisata karena di dalamnya juga ada sarana pendidikan, penyedia informasi mengenai ilmu kebumian.

BACA JUGA:  5 Tempat Wisata Paling Unik di Bandung Timur

Museum ini buka dari hari Senin – Kamis pada pukul 09.00 – 15.30 dan pada hari Sabtu – Minggu pada pukul 09.30 – 13.30. Untuk hari Jumat dan hari libur nasional, museum ini tidak buka.

Museum Konferensi Asia Afrika

Seperti namanya, museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Gedung dimana pernah menjadi tempat konferensi Asia Afrika. Untuk mengunjungi tempat ini, para wisatawan bisa berkunjung pada hari Senin – Jumat pada pukul 08.00 – 15.00. Museum ini memiliki memorabilia konferensi Asia Afrika. Untuk wisatawan yang memiliki kebutuhan khusus dan para wisatawan yang memiliki rombongan lebih dari 25 orang harus melakukan reservasi sebelumnya.

Museum Mandala Wangsit

Museum ini berada di Jalan Lembong No. 38. Museum ini juga pernah menjadi markas Divisi Siliwangi yang pertama di Bandung. Pada saat sebagai markas, bangunan yang sekarang telah menjadi museum ini pernah menjadi sasaran utama Serangan APRA yang merupakan kepanjangan dari Angkatan Perang Ratu Adil. Benda – benda yang berhubungan dengan masa perjuangan di antara masa peruangan hingga masa selanjutnya ada di sini.

Museum Pos Indonesia

Pos Indonesia memiliki peran yang sangat penting sejak berpuluh – puluh tahun lalu. Di dalam museum pos Indonesia ini, para pengunjung dapat melihat pembahasan tentang sejarah pos serta mulia berdirinya Pos Indonesia. Di dalamnya juga terdapat buku – buku, peralatan pos, visualisasi, serta diorama kegiatan pengeposan. Museum ini buka dari hari Senin – Jumat pada pukul 09.00 – 16.00.

Museum Bandung memiliki sejarah yang luar biasa. Berbagai pengetahuan baru bisa didapatkan para pengunjung pada saat mengunjungi museum – museum di kota Bandung ini. karena itu, para wisatawan yang berkunjung ke Bandung perlu menandai jadwal untuk berkunjung ke museum di Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here